Widget HTML Atas

Sistem asuransi syariah dan perusahaan asuransi syariah di Indonesia

Sistem asuransi syariah dan perusahaan asuransi syariah di Indonesia

Sistem asuransi syariah dan perusahaan asuransi syariah di Indonesia
sistem asuransi syariah di Indonesia


     Di zaman sekarang ini, sangatlah penting bagi setiap orang untuk memiliki atau mendaftarkan diri dalam suatu asuransi. Karena bagi peserta asuransi memiliki banyak keuntungan bila suatu saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

     Di negara Indonesia khususnya, terdapat dua jenis asuransi yang bisa menjadi pilihan anda. Yaitu asuransi syariah dan asuransi konvensional. Untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut, serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem yang digunakan, akan dijelaskan dalam tulisan berikut ini:

Bagaimana sistem asuransi syariah?

skema penjelasan sistem asuransi syariah
skema penjelasan sistem asuransi syariah


     Asuransi Syariah adalah sebuah sistem di mana para peserta saling menanggung risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi melalui dana tabarru', yang akan digunakan untuk membayar klaim, atau jika terjadi musibah yang dialami oleh sebagian peserta.

     Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN), Asuransi Syariah diartikan sebagai usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru’ uang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. 

Apa saja asuransi syariah?



     Bagi anda yang hendak menjadi peserta asuransi syariah, tapi tidak tahu kemana harus mendaftar, berikut ini adalah daftar perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia. 

1. Takaful keluarga sharia life insurance

PT. Asuransi Takaful Keluarga adalah pionir perusahaan asuransi jiwa syariah yang telah melayani masyarakat Indonesia sejak 1994.

2. Allianz syariah (Allisya) Indonesia

Allianz Syariah merupakan Unit Usaha Syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Sejak resmi diluncurkan pada tahun 2006, Unit Usaha Syariah PT. Asuransi Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah kita.

3. Prudential Syariah (PRUSyariah) Indonesia

PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) adalah produk asuransi jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Asuransi syariah manulife

Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia melalui beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun.

5. AIA sakinah assurance

Hidup akan terus penuh dengan mimpi dan tak akan berhenti memberi tantangan. Yang Anda butuhkan adalah teman setia yang selalu ada untuk mendukung Anda meraih mimpi dan siap membantu Anda saat menghadapi risiko yang tak terduga. AIA Sakinah Assurance hadir untuk menemani Anda dalam menjalani hidup dengan menawarkan perlindungan jiwa sekaligus investasi sebagai perencanaan keuangan dengan dasar pengelolaan sesuai dengan prinsip syariah.

6. Asuransi sinar mas syariah

Simas syariah yaitu perusahaan asuransi kerugian milik swasta sejak tgl 25 Juni 2004 telah resmi membuka cabang syariah sesuai SK Menteri Keuangan No. KEP.253/KMK.6/2004.

7. Asuransi jiwa bumiputera syariah

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera bermula dari Unit Usaha Syariah (UUS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 yang mulai dibentuk pada tahun 2002.

8. Asuransi jiwa syariah panin

Setiap orang memiliki prinsip yang akan menjadi dasar untuk menentukan rancangan masa depannya. Dapatkan ketenangan dan keberkahan dengan merancang masa depan Anda sesuai dengan prinsip syariah.

9. Asuransi syariah central asia jaya (CARlisya)

Keuntungan asuransi CARlisya yaitu sejumlah Dana Kebajikan dan hasil investasi akan diberikan apabila Perserta meninggal dunia dalam masa Kepesertaan atau Peserta akan mendapatkan hasil investasi jika tetap hidup sampai dengan akhir masa Kepesertaan.

10. Asuransi syariah BNI life

Kami membantu Anda merencanakan keuangan untuk berbagai macam kebutuhan seperti Jaminan Hari Tua, pendidikan sampai perencanaan Haji dan Umroh yang dikelola berdasarkan prinsip Syariah.BNI Life memiliki beragam produk asuransi lainnya yang sesuai kebutuhan Anda. Informasi lebih lanjut mohon dapat menghubungi Customer Care Kami.

11. Asuransi syariah astra

Asuransi Astra unit syariah didirikan pada tanggal 16 Maret 2005. Langkah ini adalah strategi untuk memperluas skala usaha dan memenuhi kebutuhan Anda yang semakin beragam. Pelanggan Asuransi Astra Syariah terdiri dari berbagai segmen mulai dari perbankan hingga perusahaan pembiayaan

Apa tujuan asuransi syariah?

     Asuransi syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perjuangan umat dengan mengemban misi aqidah, misi ibadah, misi iqtishodi, dan misi keumatan. Jadi tujuan utamanya bukan mendapatkan laba besar seperti asuransi konvensional.

Apa perbedaan asuransi syariah dengan asuransi konvensional?

     Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional (Non Syariah) Perbedaan paling utama antara asuransi syariah dan asuransi konvensional (Non Sayriah) adalah dari konsep pengelolaannya. Proteksi Syariah memiliki konsep pengelolaan Sharing Risk sedangkan Asuransi Konvensional (Non Syariah) Transfer Risk.

     Untuk keuntungan dan kekurangan sistem asuransi syariah bisa dilihat penjelasannya dalam video berikut ini : 




Tidak ada komentar untuk "Sistem asuransi syariah dan perusahaan asuransi syariah di Indonesia"

perbandingan asuransi mobil kutipan perbandingan asuransi mobil kutipan perbandingan asuransi mobil