-->

Berita Bitcoin Harga BTC jatuh di bawah $60k dalam crash crypto baru

Berita Bitcoin Harga BTC jatuh di bawah $60k dalam crash crypto baru

Setelah lonjakan nilai Bitcoin pada hari Senin setelah peningkatan besar ke jaringannya, cryptocurrency telah jatuh lebih dari 6 persen dalam 24 jam terakhir menjadi di bawah $61.000 pada Selasa pagi.

Beberapa cryptocurrency terkemuka lainnya, termasuk Ethereum (ether), Solana (SOL), dan Cardano (ada), serta koin meme dogecoin dan shib inu, juga telah turun nilainya pada hari terakhir.

Sebagian besar dari 10 cryptocurrency teratas turun antara 6 hingga 10 persen, dengan mini crash datang kurang dari seminggu setelah beberapa di antaranya mencapai level tertinggi sepanjang masa.

Harga Bitcoin belum turun di bawah $60.000 dan tampaknya didukung oleh peluncuran pembaruan Taproot yang telah lama ditunggu-tunggu selama akhir pekan, yang meningkatkan privasi dan keamanan BTC.

Penurunan harga menghapus lebih dari seratus miliar dolar dari keseluruhan pasar crypto, meskipun tetap di atas $2,5 triliun.

Bitcoin ETF mengatur momen 'manis' untuk cryptocurrency

Bitcoin telah turun di bawah $60.000, membuat total kerugian harga menjadi lebih dari 10 persen dalam kecelakaan terbaru ini.

Ini adalah pertama kalinya sejak akhir Oktober BTC jatuh di bawah level ini, dan belum jelas di mana bagian bawah penurunan ini.

Cryptocurrency paling berharga di dunia turun menjadi $59.016, menurut indeks harga CoinMarketCap, meskipun terlalu dini untuk mengatakan apakah ada dukungan signifikan pada level ini untuk mendorong rebound.

Kecelakaan harga Bitcoin dijelaskan

Pada tahap ini, tampaknya tidak ada satu alasan pun untuk jatuhnya harga mini ini, dengan beberapa faktor yang berpotensi ikut berperan. Ada penolakan oleh SEC terhadap ETF bitcoin spot pada akhir minggu lalu, meskipun itu memiliki dampak pasar yang kecil pada saat itu dan ada beberapa lagi yang sedang dalam proses.

China juga telah memperketat pembatasan penambangan kripto, meskipun tindakan keras awal tahun ini berarti jumlah operasi yang tersisa di negara itu dapat diabaikan.

Akhirnya, ada kemungkinan bahwa pemegang jangka panjang mengambil kesempatan tertinggi sepanjang masa baru-baru ini untuk mengambil keuntungan dari simpanan mereka. Penurunan harga juga memunculkan kepanikan penjual, yang biasanya baru dalam investasi cryptocurrency dan lebih rentan ketakutan oleh pergerakan pasar yang tiba-tiba.

Bitcoin telah jatuh lebih dari 6 persen dalam 24 jam terakhir karena pasar crypto secara keseluruhan telah kehilangan lebih dari 7 persen nilainya pada hari terakhir.

Harga beberapa cryptocurrency terkemuka termasuk bitcoin, ethereum, solana, dan cardano telah anjlok 6 hingga 8 persen pada hari terakhir, dengan pasar crypto global bernilai sekitar $2,65 triliun.

Koin meme dogecoin dan spin-off shiba inu-nya juga turun nilainya lebih dari 5 persen dalam 24 jam terakhir.

Pencipta Bitcoin sekarang menjadi orang terkaya ke-15 di dunia

Satoshi Nakamoto, pencipta bitcoin dengan nama samaran, sekarang menjadi orang terkaya ke-15 di dunia setelah reli harga cryptocurrency baru-baru ini.

Kekayaan bersih Nakamoto diperkirakan mencapai $73 miliar, dengan kepemilikan crypto di wilayah 750.000 hingga 1,1 juta BTC. Ini menempatkan mereka di atas pewaris Walmart Jim dan Rob Walton, serta pengusaha Meksiko Carlos Slim.

Harga bitcoin mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa awal bulan ini di atas $68.000 menyusul peningkatan lebih dari 300 persen selama setahun terakhir. Salah satu model prediksi terkemuka telah memperkirakan itu bisa naik di atas $ 100.000 sebelum akhir tahun, yang akan membuat Nakamoto naik ke 10 teratas orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih setara dengan investor Warren Buffett.

Nakamoto menggambarkan visi mereka untuk mata uang digital peer-to-peer dalam kertas putih pada tahun 2008, sebelum meluncurkan bitcoin beberapa bulan kemudian pada Januari 2009. Setelah berkolaborasi dengan pengembang lain dalam proyek tersebut selama hampir dua tahun, Nakamoto mengundurkan diri dan belum aktif online selama lebih dari satu dekade.

Beberapa dompet bitcoin yang diyakini milik Nakamoto juga tetap tidak tersentuh, dengan nilainya meningkat lebih dari 10 juta persen sejak terakhir digunakan.

Misteri seputar identitas asli Nakamoto tetap belum terpecahkan, meskipun bukti tidak langsung menunjukkan beberapa kandidat potensial.

Perintis kripto awal Hal Finney adalah orang pertama yang pernah menerima bitcoin melalui transaksi online dan banyak upaya dilakukan untuk menghubungkan aktivitas onlinenya dengan aktivitas Nakamoto. Dia membantah sebagai pencipta cryptocurrency dan menolak untuk berspekulasi tentang siapa itu sampai kematiannya karena amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pada Agustus 2014.

Sebuah berita sampul Newsweek yang terkenal pada bulan Maret 2014 mengklaim telah “membuka kedok” penemu bitcoin, mengklaim bahwa ilmuwan komputer Jepang-Amerika Dorian Satoshi Nakamoto berada di baliknya. Artikel itu secara luas dibantah setelah diterbitkan.

Pada tahun yang sama, sebuah buku oleh penulis keuangan Dominic Frisby memilih Nick Szabo sebagai pencipta bitcoin, menunjuk pada gaya penulisannya dan fakta bahwa ia merancang pra-kutukan untuk sistem uang elektronik bitcoin. Mr Szabo membantah klaim, tweeting: “Bukan Satoshi, tapi terima kasih.

Pada tahun 2015, programmer Australia Craig Wright mengaku sebagai Satoshi Nakamoto tetapi disambut secara luas dengan skeptisisme dari tokoh senior dalam industri kripto. Beberapa hari setelah menyatakan dirinya sebagai penemu bitcoin, Mr Wright mencabut klaimnya dan memposting permintaan maaf ke situs webnya.

Saya percaya bahwa saya dapat menempatkan tahun-tahun anonimitas dan bersembunyi di belakang saya, ”tulisnya. “Tetapi, ketika peristiwa minggu ini berlangsung dan saya bersiap untuk menerbitkan bukti akses ke kunci paling awal, saya gagal. Saya tidak memiliki keberanian. Saya tidak bisa.

Mr Wright sejak itu telah digugat oleh warisan almarhum David Keiman, yang klaim keluarganya bekerja dengan Mr Wright dan bersama-sama menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 untuk menerbitkan buku putih bitcoin.


Show Comments

Popular Post