-->

CEO Binance tentang gelembung, koin meme, dan ayunan crypto

CEO Binance tentang gelembung, koin meme, dan ayunan crypto

CEO Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, tidak mencoba menjelaskan mengapa beberapa mata uang kripto yang awalnya murni sebagai lelucon telah melonjak sangat mahal harganya.

Ia juga tidak ingin mengatakan jika kegembiraan untuk meme koin seperti Dogecoin merupakan indikasi gelembung berbahaya. Tetapi Changpeng Zhao, yang menggunakan "CZ," mengatakan bahwa itu menunjukkan kekuatan desentralisasi, yang telah menopang pertumbuhan besar untuk crypto.

Dipimpin oleh Bitcoin, cryptocurrency telah membengkak nilainya menjadi lebih dari $2,6 triliun, menempatkan mereka setara dengan saham paling berharga di dunia, Microsoft. Pertumbuhan cepat tersebut menarik lebih banyak investor, serta mendapatkan perhatian regulator di seluruh dunia.

Zhao berbicara dengan The Associated Press setelah perusahaannya mengeluarkan seruan untuk lebih banyak regulasi pasar crypto di seluruh dunia. Selain gelembung dan koin meme, dia berbicara tentang cryptocurrency yang dia miliki dan janjinya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya. Percakapan ini telah diedit agar lebih jelas dan panjang.

Apa takeaway Anda ketika cryptos yang dimulai sebagai lelucon melonjak nilainya? Sejujurnya, saya tidak mendapatkan Dogecoin. Tapi ini menunjukkan kekuatan desentralisasi. Apa yang saya pikirkan mungkin atau mungkin tidak penting. Jika cukup banyak orang dalam komunitas yang menghargainya karena lucu, karena mereka menyukai meme, maka meme itu memiliki nilai.

Dan Dogecoin telah bertahan bertahun-tahun. Itu naik dan turun, naik dan turun, tapi itu bertahan. Dan sekarang kami memiliki Shiba, yang juga merupakan koin meme. Kami memiliki lebih banyak koin meme. Tapi coba tebak? Agar sesuatu menjadi berharga, Anda hanya perlu satu orang lain untuk mau membelinya.

Agar sesuatu memiliki likuiditas, Anda memerlukan sejumlah besar orang yang ingin membeli atau menjualnya. Setelah Anda memiliki likuiditas, sesuatu memiliki nilai, menurut pasar netral. Jadi bukan hak saya untuk menilainya.

Sebagai platform, kami ingin menyediakan pasar untuk semua cryptocurrency yang relatif berharga di dunia.

Ketika orang membeli barang hanya karena orang berikutnya akan membelinya, bukankah itu pertanda gelembung? Sampai batas tertentu, ya. Tapi itu bukan hal yang hitam dan putih.

Tidak ada definisi yang jelas tentang apa itu gelembung. Jika harga aset turun lebih dari 80%? Bitcoin turun lebih dari itu dan kemudian pulih. Amazon turun (lebih dari 90% dari awal tahun 2000 hingga September 2001), dan sekarang mereka adalah salah satu perusahaan paling berharga di dunia. Apakah itu melewati gelembung? Menurut definisi kebanyakan orang awam, mungkin memang demikian. Untuk Jeff Bezos, dia mungkin tidak akan setuju.

Yang penting fluktuasinya tinggi. Selama orang memahami apa yang mereka pegang, apa risikonya, maka tidak apa-apa.

Mengapa harga kripto sangat fluktuatif, melonjak naik dan turun begitu cepat? Untuk konsumen massal, hal pertama yang saya ingin mereka pahami adalah bahwa semuanya tidak stabil.

Anda harus memarkir nilai Anda di suatu tempat. Bisa jadi rumah, bisa jadi saham, bisa jadi dolar AS. Tetapi semua hal itu berfluktuasi terhadap sesuatu yang lain.

Crypto memiliki volatilitas tinggi karena pasarnya relatif lebih kecil. Ini jauh, jauh lebih kecil daripada aset tradisional. Semakin besar nilai pasar aset seseorang, semakin kecil volatilitasnya. Itu hanya matematika.

Katakanlah Anda melihat koin kecil dengan nilai pasar total $10 juta. Jika seseorang mencoba menggunakan $1 juta untuk membeli koin, harganya akan naik lebih dari 10% karena tidak semua orang menjual koin itu. Jika Anda melihat pasar aset $ 100 triliun, memasukkan $ 1 juta tidak akan menggerakkan harga sama sekali

Jika Anda harus membayar sewa dalam dolar AS bulan depan, maka Anda perlu memegang sejumlah dolar AS. Anda tidak bisa begitu saja mempertaruhkannya pada aset yang sangat fluktuatif. Tetapi uang yang dapat Anda sisihkan selama dua tahun, lima tahun, Anda dapat memindahkan uang itu ke aset yang sangat fluktuatif.

Apakah volatilitas itu penghalang terbesar yang membuat orang keluar dari cryptos hari ini?

Hari ini, di ruang crypto, ada banyak pedagang aktif. Ada banyak orang yang berada di industri ini untuk keuntungan investasi atau perdagangan spekulatif, dan orang-orang itu sebenarnya lebih menyukai volatilitas.

Saya sebenarnya berpikir faktor terbesar yang menghalangi atau menghambat pertumbuhan kripto adalah kemudahan penggunaan. Saat ini cukup sulit untuk menahan cryptocurrency Anda dengan cara yang aman, artinya jika komputer Anda rusak atau jika komputer Anda terkena virus, crypto Anda masih aman. Jika Anda kehilangan komputer Anda, atau jika Anda kehilangan perangkat dompet kripto Anda, Anda masih bisa mendapatkannya kembali. Dan itu berarti Anda harus memiliki cadangan dan cadangan harus diamankan. Mereka tidak bisa dicuri. Dan bagian terakhir yang tidak dipikirkan banyak orang adalah: Apa yang terjadi jika Anda pergi? Orang orang mati. Jika Anda tiba-tiba menjadi tidak tersedia, dapatkah anak-anak Anda mendapatkannya? Bagaimana mereka mendapatkannya? Apakah ada cara untuk menjamin mereka akan mendapatkannya dan mereka akan mendapatkannya hanya setelah Anda mati?

Tidak ada alat yang sangat bagus untuk menangani semua aspek itu. Pertukaran terpusat menawarkan satu solusi: Kami menahan koin orang. (Tapi) cara memegang token Anda dengan aman adalah faktor batasan mendasar. Kami belum menyediakan alat yang cukup mudah digunakan yang juga cukup aman saat ini. Tapi saya pikir seiring perkembangan industri, segalanya akan menjadi lebih baik.

Bagaimana Anda secara pribadi menginvestasikan uang Anda?

Saya sebenarnya tidak melakukan banyak investasi. Saya salah satu contoh yang benar-benar buruk untuk diikuti bagi kebanyakan orang lain.

Saya membeli beberapa Bitcoin pada tahun 2014. Saya menghabiskan sedikit dari waktu ke waktu, tetapi saya memegang sebagian besar darinya. Saya tidak menjual.

Aset lain yang saya pegang, yang merupakan sebagian besar kekayaan bersih saya, adalah BNB (koin Binance). Secara pribadi, saya tidak memegang koin lain. Saya adalah pemegang saham yang layak di Binance, jika kita ingin menyadari nilai ekuitas suatu hari nanti.

Saya pribadi tidak memiliki ekuitas dalam proyek lain, crypto atau bukan crypto. Saya melakukan ini dengan sangat sengaja karena saya tidak ingin ada potensi konflik kepentingan. Jadi saya sangat, sangat tidak terdiversifikasi, yang sebenarnya tidak saya rekomendasikan kepada kebanyakan orang.

Tapi bagi saya, saya bisa mengambil risiko. Selama saya tidak melakukan sesuatu yang tidak etis - bahkan jika sesuatu terjadi pada Binance, dan kami tidak berhasil, dan jika saya mengatakan saya akan melakukan proyek lain, saya percaya kredibilitas saya ada untuk orang lain untuk berinvestasi banyak uang.

Secara pribadi, saya bebas secara finansial. Saya tidak membutuhkan banyak uang, dan saya dapat mempertahankan gaya hidup saya dengan cara ini. Saya memang berniat untuk memberikan sebagian besar kekayaan saya, seperti yang dilakukan banyak pengusaha atau pendiri kaya dari Rockefeller hingga hari ini. Saya berniat untuk memberikan 90, 95 atau 99% dari kekayaan saya.

Crypto tampaknya sangat memecah belah, di mana orang-orang percaya dengan sungguh-sungguh atau menganggapnya tidak berharga. Apakah akan selalu seperti ini semua atau tidak sama sekali? Selama beberapa tahun terakhir, ini adalah masalah bipolar. Ada sekelompok kecil orang yang merupakan penggemar berat crypto, dan kemudian ada sebagian besar orang yang bahkan tidak tahu apa itu crypto. Tetapi karena semakin banyak orang masuk ke crypto, kami melihat jalan tengah itu.

Saya berbicara dengan banyak atlet yang sekarang melihat NFT (atau token yang tidak dapat dipertukarkan, yang menggunakan teknologi yang mendukung kripto untuk membuat koleksi digital yang unik). Mereka sekarang menyadari nilai ini. Mereka mungkin bukan penggemar berat kripto, tetapi mereka juga tidak terlalu skeptis tentang kripto lagi.

Bahkan gubernur bank sentral, ketika saya berbicara dengan mereka setahun yang lalu, mereka sangat skeptis. Tapi sekarang ketika saya berbicara dengan mereka, mereka berkata, "Kami membutuhkan ini untuk menumbuhkan ekonomi kami." Tetapi mereka masih memiliki kekhawatiran tentang aspek-aspek tertentu dari crypto.


Show Comments

Popular Post