-->

Harga Ethereum: Berapa nilai Ethereum hari ini

Harga Ethereum: Berapa nilai Ethereum hari ini

Dengan pasar cryptocurrency yang terus booming saat Bitcoin melonjak ke rekor tertinggi baru sekali lagi pada hari Rabu, penggemar crypto lama dan baru semakin mengalihkan pandangan mereka ke Ethereum – cryptocurrency dan platform terpopuler kedua di dunia.

Harga Ethereum telah meroket bersama dengan Bitcoin pada tahun lalu, mencapai level tertinggi awal $4000 pada ledakan crypto Mei sebelum melonjak sekali lagi pada akhir Oktober dan awal November.

Tetapi investor sekarang mencari prediksi harga Ethereum karena cryptocurrency akan diubah oleh peningkatan seismik ke Proof of Stake pada awal 2022 dalam bentuk Ethereum 2.0.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang cryptocurrency, termasuk berapa nilai Ether hari ini, apa itu Ethereum, prediksi harga, dan rilis 2.0 yang akan datang.

Apa itu Ethereum?

Awalnya dirilis pada tahun 2015, Ethereum adalah jaringan blockchain publik, open source yang terutama memfasilitasi pembuatan Aplikasi Digital terdesentralisasi (dikenal sebagai 'Dapps') dan kontrak pintar – program yang berjalan secara otomatis pada blockchain ketika persyaratan terpenuhi.

Tidak seperti aplikasi yang banyak kita gunakan setiap hari, kontrak pintar kebal terhadap masalah biasa yang mengacaukan penggunaan aplikasi biasa seperti waktu henti dan gangguan dari pihak ketiga.

Terkenal sebagai 'blockchain yang dapat diprogram pertama di dunia', platform Ethereum mendukung pengembang dalam membuat aplikasi terdesentralisasi yang diatur untuk berjalan di jaringan komputer atau blockchain yang di-peering, daripada dikelola oleh otoritas tunggal.

Tetapi Ethereum juga beroperasi sebagai cryptocurrency, Ether, yang dapat dibeli, dijual, dan ditukar sebagai mata uang digital melalui jaringan peer-to-peer (P2P) miliknya sendiri – dengan transaksi yang dilakukan secara anonim dan diverifikasi melalui mekanisme Proof of Work.

Pengembang yang ingin membangun aplikasi di Ethereum harus membayar biaya untuk melakukannya, yang dibayar dalam Eter dan umumnya dikenal sebagai 'biaya gas'.

Ini telah melonjak karena lebih banyak pengembang Dapp melihat popularitas dan potensi yang semakin meningkat untuk aplikasi terdesentralisasi, membantu mengantarkan nilai Ethereum sebagai cryptocurrency dan platform yang digabungkan ke ketinggian baru.

Itu dihidupkan oleh programmer Kanada-Rusia Vitalik Buterin, yang baru-baru ini mengungkapkan bahwa jalannya untuk menciptakan blockchain dimulai pada masa kecilnya, ketika produser World of Warcraft Blizzard melemahkan mantra karakter favoritnya di World of Warcraft.

Pada hari itu saya menyadari kengerian apa yang dapat ditimbulkan oleh layanan terpusat,” tulis Buterin di biografi about.me-nya.

Apa bedanya Ethereum dengan Bitcoin?

Sementara kedua cryptocurrency berbagi gelombang popularitas dan dukungan yang sama di antara komunitas crypto, Bitcoin dan Ethereum memiliki beberapa perbedaan besar.

Terutama, Bitcoin beroperasi sebagai sarana untuk memantau transaksi dan kepemilikan mata uang kripto di blockchainnya sementara Ethereum mendukung penggunaan yang lebih luas, seperti kontrak pintar, pengembangan aset digital, dan Dapps.

Jaringan blockchain publik Ethereum juga berbeda dengan Bitcoin karena diatur untuk pindah ke verifikasi Proof of Stake (PoS) dari blok yang ditambang di jaringan alih-alih Proof of Work (PoW), yang saat ini digunakan oleh Ethereum dan Bitcoin.

Bukti validasi kerja menuntut sejumlah besar energi komputasi seiring pertumbuhan blockchain Bitcoin, dengan proses penambangan – memverifikasi transaksi yang ditambahkan ke jaringan sebagai 'blok' dalam rantai transaksi dengan membuat komputer memecahkan teka-teki kriptografi yang sulit – membutuhkan listrik dan kekuasaan.

Verifikasi PoS malah melihat transaksi divalidasi sesuai dengan jumlah koin dan saham yang dipegang oleh penambang, yang menentukan kekuatan penambangan mereka di blockchain dan mengurangi konsumsi energi yang terlihat di PoW.

Berapa harga Ethereum hari ini?

Pada 14:45 pada hari Selasa (16 November), Ether diperdagangkan pada $4.344,90 (£ 3.221,09) – turun 8,25% pada 24 jam terakhir – menurut Coinbase.

CoinMarketCap saat ini memperkirakan bahwa volume perdagangan Ethereum naik 80% dalam 24 jam terakhir di $27,389,130.638, dengan kapitalisasi pasar $514 miliar naik dari $54,51 miliar satu tahun sebelumnya.

Menurut data yang dikumpulkan oleh ETC Group, dorongan untuk Ethereum tampaknya telah dibantu oleh peningkatan penjualan NFT, yang naik hampir 20.000% YoY.

Kapitalisasi pasar cryptocurrency telah tumbuh lebih dari 10% selama setahun terakhir karena seni crypto dan tren item virtual Token Non-Fungible lepas landas, dengan NFT yang didukung oleh teknologi Ethereum dan diperdagangkan dengan ETH.

Pertumbuhan Ethereum telah menyebabkan lebih banyak analis pasar crypto yang bullish untuk memperkirakan bahwa cryptocurrency dapat mencapai nilai $ 5.000 pada akhir tahun 2021, sementara prediksi harga lainnya melihat mata uang tersebut stabil pada nilai saat ini sekitar $ 4.500 hingga 2022.

Dengan kedatangan Ethereum 2.0, bagaimanapun, analis mengharapkan seperti Wallet Investor, dengan prediksi harga yang dihitung oleh Machine Learning, memprediksi bahwa harga rata-rata Ethereum dapat mencapai hampir $8.000 pada akhir tahun 2022, $10.000 pada tahun 2023 dan lebih dari $16.000 pada tahun 2025.

Kapan tanggal rilis penuh Ethereum 2.0?

Ethereum 2.0 adalah serangkaian peningkatan yang sangat ditunggu-tunggu untuk blockchain Ethereum yang ada dan yang digunakan untuk menggambarkan perpindahan blockchain ke konsep verifikasi PoS.

Juga dikenal sebagai 'Serenity', peralihan ke ETH2 sangat dinanti oleh penggemar crypto karena akan mencari kecepatan, keberlanjutan, dan skalabilitas transaksi dan kinerja Dapp pada peningkatan jaringan dalam menjauh dari mainnet Ethereum yang ada.

Bagian dari transisi ke Ethereum 2.0 telah terjadi, seperti pembuatan Beacon Chain sebagai mekanisme kerja sama yang mendasari untuk blockchain Ethereum berbasis PoS yang baru.

Tetapi penggabungan antara blockchain Ethereum yang ada dan Rantai Beacon belum terjadi, dengan pengembang memperkirakannya akan jatuh pada kuartal satu atau dua tahun depan.

Dan 'sharding', tahap terakhir dari peningkatan, yang dirancang untuk mengurangi kemacetan dan kemacetan jaringan dengan membagi transaksi di seluruh database horizontal menjadi rantai individu baru yang dikenal sebagai 'pecahan', akan berlangsung setelah penggabungan pada tahun 2022.

Pesan dari Editor

Terimakasih telah membaca artikel ini. Kami lebih mengandalkan dukungan Anda dari sebelumnya karena perubahan kebiasaan konsumen yang disebabkan oleh virus corona berdampak pada pengiklan kami.

Jika Anda belum melakukannya, pertimbangkan untuk mendukung jurnalisme tepercaya dan teruji fakta kami dengan berlangganan digital.

Show Comments

Popular Post