-->

Jenis Asuransi: Berbagai Jenis Polis Asuransi

Jenis Asuransi: Berbagai Jenis Polis Asuransi

Dalam hidup, pengeluaran yang tidak direncanakan adalah kenyataan pahit. Bahkan ketika Anda berpikir bahwa Anda aman secara finansial, pengeluaran yang tiba-tiba atau tidak terduga dapat secara signifikan menghambat keamanan ini. Bergantung pada tingkat keadaan daruratnya, kejadian seperti itu juga dapat membuat Anda terlilit hutang.

Meskipun Anda tidak dapat merencanakan ke depan untuk kemungkinan yang timbul dari insiden seperti itu, polis asuransi menawarkan dukungan serupa untuk meminimalkan kewajiban finansial dari kejadian yang tidak terduga.

Ada berbagai macam polis asuransi, masing-masing ditujukan untuk melindungi aspek-aspek tertentu dari kesehatan atau aset Anda.

Hanya mengetahui berbagai polis asuransi tidak membantu. Sebaliknya, Anda harus tahu bagaimana masing-masing rencana ini bekerja.

Tanpa pengetahuan yang memadai tentang masing-masing dari mereka, Anda mungkin tidak dapat melindungi keuangan Anda, serta kesejahteraan finansial anggota keluarga Anda. Baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang berbagai polis asuransi.

Asuransi Jiwa mengacu pada polis atau pertanggungan dimana pemegang polis dapat memastikan kebebasan finansial bagi anggota keluarganya setelah kematian. Misalkan Anda adalah satu-satunya anggota keluarga yang berpenghasilan, menghidupi pasangan dan anak-anak Anda.

Dalam peristiwa seperti itu, kematian Anda secara finansial akan menghancurkan seluruh keluarga. Polis asuransi jiwa memastikan bahwa hal seperti itu tidak terjadi dengan memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda jika Anda meninggal.

Jenis Polis Asuransi Jiwa

Terutama ada tujuh jenis polis asuransi yang berbeda dalam hal asuransi jiwa. Ini adalah:

  1. Program Berjangka - Manfaat kematian dari program berjangka hanya tersedia untuk jangka waktu tertentu, misalnya, 40 tahun sejak tanggal pembelian polis.
  2. Endowment Plan - Endowment plan adalah polis asuransi jiwa di mana sebagian dari premi Anda digunakan untuk manfaat kematian, sedangkan sisanya diinvestasikan oleh penyedia asuransi. Manfaat jatuh tempo, manfaat kematian dan bonus berkala adalah beberapa jenis bantuan dari polis wakaf.
  3. Paket Asuransi Unit Link atau ULIP - Serupa dengan rencana endowmen, sebagian dari premi asuransi Anda digunakan untuk investasi reksa dana, sedangkan sisanya digunakan untuk manfaat kematian.
  4. Asuransi Jiwa Utuh - Seperti namanya, polis tersebut menawarkan perlindungan seumur hidup untuk seluruh kehidupan individu, bukan jangka waktu tertentu. Beberapa perusahaan asuransi dapat membatasi seluruh masa asuransi jiwa hingga 100 tahun.
  5. Child's Plan - Investasi sekaligus polis asuransi, yang memberikan bantuan keuangan untuk anak-anak Anda sepanjang hidup mereka. Manfaat kematian tersedia sebagai pembayaran sekaligus setelah kematian orang tua.
  6. Uang Kembali - Polis tersebut membayar persentase tertentu dari uang pertanggungan paket setelah interval reguler. Ini dikenal sebagai manfaat kelangsungan hidup.
  7. Rencana Pensiun - Juga dikenal sebagai rencana pensiun, kebijakan ini merupakan perpaduan antara investasi dan asuransi. Sebagian dari premi digunakan untuk menciptakan korpus pensiun bagi pemegang polis. Ini tersedia sebagai pembayaran lump-sum atau bulanan setelah pemegang polis pensiun.

Manfaat Asuransi Jiwa

Jika Anda memiliki rencana asuransi jiwa, Anda dapat menikmati keuntungan berikut dari polis.

  • Manfaat Pajak - Jika Anda membayar premi asuransi jiwa, Anda berhak atas manfaat pajak di India, berdasarkan Bagian 80(C) dan 10(10D) Undang-Undang Pajak Penghasilan. Dengan demikian, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang sebagai pajak dengan memilih rencana asuransi jiwa.
  • Mendorong Kebiasaan Menabung - Karena Anda perlu membayar premi polis, membeli polis asuransi semacam itu mendorong kebiasaan menabung.
  • Mengamankan Masa Depan Finansial Keluarga - Polis ini memastikan kemandirian finansial keluarga Anda tetap terjaga bahkan setelah Anda meninggal.
  • Membantu Merencanakan Pensiun Anda - Polis asuransi jiwa tertentu juga bertindak sebagai pilihan investasi. Misalnya, program pensiun menawarkan pembayaran lump-sum segera setelah Anda pensiun, membantu Anda mendanai masa pensiun Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui semua tentang polis asuransi jiwa, baca terus untuk memahami berbagai aspek polis asuransi umum lainnya.

Asuransi kendaraan bermotor mengacu pada polis yang menawarkan bantuan keuangan jika terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil atau sepeda Anda. Asuransi kendaraan bermotor dapat dicairkan untuk tiga kategori kendaraan bermotor, antara lain:

  1. Asuransi Mobil - Kendaraan roda empat milik pribadi tercakup dalam polis tersebut.
  2. Asuransi Roda Dua - Kendaraan roda dua milik pribadi, termasuk sepeda dan skuter, tercakup dalam rencana ini.
  3. Asuransi Kendaraan Komersial - Jika Anda memiliki kendaraan yang digunakan secara komersial, Anda perlu memanfaatkan asuransi untuk hal yang sama. Kebijakan ini memastikan bahwa mobil bisnis Anda tetap dalam kondisi terbaik, mengurangi kerugian secara signifikan.

Jenis Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Berdasarkan cakupan atau perlindungan yang ditawarkan, polis asuransi kendaraan bermotor terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Tanggung Jawab Pihak Ketiga - Ini adalah jenis pertanggungan asuransi kendaraan paling dasar di India. Ini adalah persyaratan wajib minimum untuk semua pemilik kendaraan bermotor, sesuai dengan Undang-Undang Kendaraan Bermotor tahun 1988. Karena bantuan keuangan yang terbatas, premi untuk kebijakan tersebut juga cenderung rendah. Paket asuransi ini hanya membayar kewajiban keuangan kepada pihak ketiga yang terkena dampak dalam kecelakaan tersebut, memastikan bahwa Anda tidak menghadapi kesulitan hukum karena kecelakaan tersebut. Namun, mereka tidak menawarkan bantuan keuangan apa pun untuk memperbaiki kendaraan pemegang polis setelah kecelakaan.
  • Perlindungan Komprehensif - Dibandingkan dengan opsi kewajiban pihak ketiga, paket asuransi komprehensif menawarkan perlindungan dan keamanan yang lebih baik. Selain menutupi kewajiban pihak ketiga, program ini juga menanggung biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan kendaraan milik pemegang polis akibat kecelakaan. Selain itu, paket komprehensif juga menawarkan pembayaran jika kendaraan Anda mengalami kerusakan akibat kebakaran, bencana alam dan buatan manusia, kerusuhan, dan kejadian serupa lainnya. Terakhir, Anda dapat memulihkan biaya sepeda Anda jika dicuri, saat Anda memiliki perlindungan menyeluruh. Seseorang juga dapat memilih beberapa add-on dengan polis asuransi motor komprehensif mereka yang dapat membuatnya lebih baik. Beberapa dari add-on ini termasuk penutup nol depresiasi, penutup pelindung mesin dan kotak persneling, penutup bahan habis pakai, bantuan kerusakan, dll.
  • Pertanggungan Kerusakan Sendiri - Ini adalah bentuk khusus dari asuransi kendaraan bermotor, yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kepada konsumen. Selanjutnya, Anda memenuhi syarat untuk memanfaatkan paket tersebut hanya jika Anda membeli kendaraan roda dua atau mobil setelah September 2018. Kendaraan harus baru dan bukan bekas. Anda juga harus ingat bahwa Anda dapat memanfaatkan perlindungan kerusakan mandiri ini hanya jika Anda sudah memiliki polis asuransi motor kewajiban pihak ketiga. Dengan pertanggungan kerusakan sendiri, Anda pada dasarnya menerima manfaat yang sama dengan polis komprehensif tanpa bagian tanggung jawab pihak ketiga dari polis.

Manfaat Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Mobil dan sepeda semakin mahal setiap harinya. Pada saat seperti itu, tinggal tanpa asuransi yang tepat dapat menyebabkan kerugian moneter yang parah bagi pemiliknya. Tercantum di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari pembelian rencana tersebut.

  • Mencegah Kerumitan Hukum - Membantu Anda menghindari denda lalu lintas dan legalitas lain yang seharusnya Anda tanggung.
  • Memenuhi Semua Tanggung Jawab Pihak Ketiga - Jika Anda melukai seseorang atau merusak properti seseorang selama kecelakaan kendaraan, polis asuransi membantu Anda memenuhi kerugian moneter secara efektif.
  • Bantuan Keuangan untuk Memperbaiki Kendaraan Anda sendiri - Setelah kecelakaan, Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki kendaraan Anda sendiri. Rencana asuransi membatasi pengeluaran seperti itu, memungkinkan Anda untuk segera melakukan perbaikan.
  • Perlindungan pencurian/kerugian - Jika kendaraan Anda dicuri, polis asuransi Anda akan membantu Anda mendapatkan kembali sebagian dari harga on-road mobil/sepeda. Anda dapat mengharapkan bantuan serupa jika kendaraan Anda rusak dan tidak dapat diperbaiki karena kecelakaan.

Selain itu, individu yang memiliki mobil komersial/roda dua juga dapat memanfaatkan manfaat pajak jika mereka membayar premi untuk kendaraan tersebut.

Asuransi kesehatan mengacu pada jenis asuransi umum, yang memberikan bantuan keuangan kepada pemegang polis ketika mereka dirawat di rumah sakit untuk perawatan. Selain itu, beberapa rencana juga mencakup biaya perawatan yang dilakukan di rumah, sebelum rawat inap atau setelah keluar dari rumah sakit yang sama.

Dengan meningkatnya inflasi medis di India, membeli asuransi kesehatan telah menjadi kebutuhan. Namun, sebelum melanjutkan pembelian Anda, pertimbangkan berbagai jenis paket asuransi kesehatan yang tersedia di India.

Jenis polis Asuransi Kesehatan

Ada delapan jenis utama polis asuransi kesehatan yang tersedia di India.

  1. Asuransi Kesehatan Individu - Ini adalah paket perawatan kesehatan yang menawarkan perlindungan medis hanya untuk satu pemegang polis.
  2. Family Floater Insurance - Kebijakan ini memungkinkan Anda memanfaatkan asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga Anda tanpa perlu membeli paket terpisah untuk setiap anggota. Secara umum, suami, istri dan dua anak mereka diperbolehkan memiliki jaminan kesehatan di bawah satu polis pelampung keluarga tersebut.
  3. Perlindungan Penyakit Kritis - Ini adalah rencana kesehatan khusus yang memberikan bantuan keuangan ekstensif ketika pemegang polis didiagnosis dengan penyakit kronis tertentu. Paket ini memberikan pembayaran lump-sum setelah diagnosis seperti itu, tidak seperti polis asuransi kesehatan biasa.
  4. Asuransi Kesehatan Warga Senior - Seperti namanya, polis ini khusus melayani individu berusia 60 tahun ke atas.
  5. Asuransi Kesehatan Grup - Polis semacam itu umumnya ditawarkan kepada karyawan suatu organisasi atau perusahaan. Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga penerima manfaat yang lebih tua dapat dihapus, dan penerima manfaat baru dapat ditambahkan, sesuai dengan kemampuan retensi karyawan perusahaan.
  6. Asuransi Kesehatan Bersalin - Polis ini mencakup biaya pengobatan selama tahap pra-kelahiran, pasca-kelahiran dan persalinan. Ini mencakup ibu serta bayinya yang baru lahir.
  7. Asuransi Kecelakaan Diri - Polis asuransi kesehatan ini hanya menanggung kewajiban finansial dari cedera, cacat atau kematian yang timbul karena kecelakaan.
  8. Rencana Perawatan Kesehatan Pencegahan - Kebijakan tersebut mencakup biaya perawatan yang berkaitan dengan pencegahan penyakit atau kondisi yang parah.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Setelah menilai berbagai jenis asuransi kesehatan yang tersedia, Anda pasti bertanya-tanya mengapa memanfaatkan rencana seperti itu penting bagi Anda dan orang yang Anda cintai. Lihatlah alasan yang tercantum di bawah ini untuk memahami alasannya.

  • Pertanggungan Medis - Manfaat utama dari asuransi tersebut adalah bahwa ia menawarkan pertanggungan finansial terhadap pengeluaran medis.
  • Klaim Tanpa Uang Tunai - Jika Anda mencari perawatan di salah satu rumah sakit yang memiliki ikatan dengan penyedia asuransi Anda, Anda dapat memanfaatkan manfaat klaim tanpa uang tunai. Fitur ini memastikan bahwa semua tagihan medis diselesaikan secara langsung antara perusahaan asuransi dan rumah sakit Anda.
  • Manfaat Pajak - Mereka yang membayar premi asuransi kesehatan dapat menikmati manfaat pajak penghasilan. Di bawah Bagian 80D Undang-Undang Pajak Penghasilan, seseorang dapat memanfaatkan manfaat pajak hingga Rs.1 Lakh untuk pembayaran premi polis asuransi kesehatan mereka.

Mungkin ada keuntungan tambahan, tergantung pada penyedia asuransi yang bersangkutan.

Ketika berbicara tentang berbagai jenis polis asuransi, jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut tentang rencana asuransi perjalanan. Kebijakan tersebut memastikan keamanan finansial seorang pelancong selama perjalanan. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan polis asuransi lainnya, asuransi perjalanan merupakan pertanggungan jangka pendek.

Tergantung pada penyedia yang Anda pilih, asuransi perjalanan mungkin menawarkan bantuan keuangan di berbagai waktu, seperti saat kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa jenis paket asuransi perjalanan yang tersedia di negara ini

  1. Asuransi Perjalanan Domestik - Ini adalah jenis polis asuransi perjalanan yang melindungi keuangan Anda selama perjalanan di India. Namun, jika Anda berencana untuk pergi ke luar negeri untuk berlibur, kebijakan seperti itu tidak akan memberikan bantuan apa pun.
  2. Asuransi Perjalanan Internasional - Jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan Anda memilih paket asuransi perjalanan internasional. Ini memungkinkan Anda untuk menutupi biaya tak terduga yang dapat timbul selama perjalanan Anda seperti keadaan darurat medis, kehilangan bagasi, kehilangan paspor, dll.
  3. Asuransi Liburan Rumah - Saat Anda bepergian dengan keluarga, rumah Anda tetap tidak terlindungi dan tidak terlindungi. Kemungkinan pencurian selalu signifikan, yang dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Untungnya, dengan paket asuransi liburan rumah, yang sering disertakan dalam kebijakan perjalanan, Anda juga terlindungi secara finansial dari peristiwa semacam itu.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Aspek-aspek berikut tercakup dalam rencana asuransi perjalanan

  • Cover Flight Delay - Penundaan atau pembatalan penerbangan dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi penumpang. Jika Anda membeli asuransi perjalanan, Anda dapat mengklaim kerugian finansial tersebut dari perusahaan asuransi.
  • Kehilangan/Keterlambatan Bagasi - Asuransi perjalanan memungkinkan Anda mengklaim bantuan keuangan jika ada keterlambatan atau Anda kehilangan bagasi selama perjalanan. Dengan jumlah ini, Anda dapat membeli beberapa item yang diperlukan.
  • Reclaim Lost Travel Documents - Visa dan paspor adalah dokumen penting selama perjalanan internasional. Memilih asuransi perjalanan internasional memastikan bahwa Anda memiliki dukungan keuangan yang diperlukan untuk mengajukan kembali dokumen sementara atau penggantian sebagaimana dan bila diperlukan.
  • Pertanggungan Pembatalan Perjalanan - Kematian mendadak dalam keluarga atau keadaan darurat medis dapat merusak pengaturan perjalanan Anda. Untungnya, paket asuransi perjalanan internasional mendukung pembatalan perjalanan dalam acara semacam itu. Anda dapat mengklaim bantuan keuangan untuk membayar denda dan biaya pembatalan untuk penerbangan, hotel, dll.

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi dengan cermat, terutama perusahaan yang dapat diandalkan dan tersedia 24x7 untuk membantu Anda.

Setiap bangunan atau struktur tidak bergerak dapat diasuransikan melalui rencana asuransi properti. Ini bisa berupa tempat tinggal Anda atau ruang komersial. Jika ada kerusakan yang menimpa properti tersebut, Anda dapat mengklaim bantuan keuangan dari penyedia asuransi. Ingatlah bahwa rencana semacam itu juga secara finansial melindungi konten di dalam properti.

Jenis Asuransi Properti di India

Berikut adalah beberapa jenis polis asuransi properti yang tersedia di India

  1. Asuransi Rumah - Dengan polis seperti itu, Anda tetap bebas dari semua kewajiban keuangan yang mungkin timbul dari kerusakan rumah atau isi di dalamnya karena kebakaran, perampokan, badai, gempa bumi, ledakan dan peristiwa lainnya.
  2. Asuransi Toko - Jika Anda memiliki toko, yang bertindak sebagai sumber pendapatan bagi Anda, merupakan bagian integral untuk melindungi diri Anda dari kewajiban keuangan yang timbul dari hal yang sama. Baik pertanggungjawaban tersebut terjadi karena bencana alam atau karena kecelakaan, dengan rencana ini, Anda dapat segera melakukan perbaikan pada toko.
  3. Asuransi Kantor - Jenis lain dari polis asuransi properti, asuransi kantor memastikan bahwa gedung kantor dan semua peralatan di dalamnya terlindungi secara signifikan jika terjadi kejadian tak terduga. Umumnya, ruang kantor termasuk peralatan mahal, seperti komputer, server dan banyak lagi. Jadi, availing rencana ini sangat penting.
  4. Asuransi Bangunan - Jika Anda memiliki bangunan lengkap, memilih asuransi rumah mungkin tidak cukup. Sebaliknya, Anda dapat membeli asuransi bangunan untuk menutupi seluruh tempat.

Manfaat Asuransi Properti

Jika Anda masih berpikir bahwa perlindungan properti bukanlah salah satu jenis rencana asuransi yang perlu Anda manfaatkan, lihatlah beberapa keuntungannya.

  • Perlindungan terhadap Kebakaran - Meskipun polis asuransi tidak dapat mencegah kebakaran, polis asuransi dapat mencegah kewajiban finansial dari peristiwa semacam itu.
  • Pencurian - Jika properti Anda berada di area yang rawan pencurian dan perampokan, kebijakan semacam itu sangat penting untuk memastikan keamanan finansial.
  • Banjir - Di beberapa bagian India, banjir sering terjadi. Banjir ini dapat merusak properti Anda yang menyebabkan kerugian besar. Asuransi properti juga melindungi dari peristiwa semacam itu.
  • Bencana Alam - Rencana ini juga menawarkan bantuan keuangan terhadap kerusakan yang timbul dari gempa bumi, badai dan banyak lagi.

Membangun kembali atau merenovasi properti sangat mahal. Dengan demikian, polis asuransi properti adalah pilihan terbaik untuk memastikan kesehatan keuangan jangka panjang.

Karena kenaikan harga ponsel dan beberapa aplikasi mereka hari ini, telah menjadi keharusan untuk mengasuransikan perangkat. Asuransi seluler memungkinkan Anda untuk mendapatkan kembali uang yang Anda habiskan untuk memperbaiki telepon Anda jika terjadi kerusakan yang tidak disengaja.


Show Comments

Popular Post